PERANCANGAN
MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN
Pembelajaran
elektronik berbasis web ini dibuat dengan ide untuk memberikan siswa suatu
mekanisme pembelajaran elektronik, di mana siswa dapat mempelajari suatu mata
kuliah sesuai dengan kemampuannya sendiri dengan menggunakan berbagai macam
media, tulisan, audio, ataupun video. Situs pembelajaran elektronik ini juga
dibuat untuk mempermudah proses pemahaman mata kuliah, sehingga
membantu meringankan beban pengajar dalam menyampaikan materi perkuliahan,
namun bukan untuk menggantikan peran pengajar dalam penyampaian materi.
METODE
PENULISAN
Penelitian
ini terdiri dari tiga tahap. Di mana langkah-langkah penelitian mengacu pada
siklus penelitian dan pengembangan Borg dan Gall [5], dengan uraian penjelasan
yang telah disesuaikan dengan tujuan penelitian, seperti yang digambarkan pada
tabel I.
Pengembangan web tidak mempunyai suatu
metodologi khusus dalam prakteknya, biasanya suatu pengembangan web lazimnya
mengikuti metodologi pengembangan perangkat lunak yang sudah ada
sebelumnya. Proses pengembangan yang umum digunakan untuk
mengembangkan suatu web biasanya bertolak dari proses pengembangan perangkat
lunak konvensional atau biasa dikenal dengan siklus hidup perangkat lunak
(SWDLC) yang mempunyai berbagai macam model
pengembangan yang dapat
diterapkan sesuai perangkat akan dikembangkan.
KESIMPULAN
Dari hasil analisa deskriptif yang telah dilakukan pada data
yang diperoleh dari kuesioner, dapat ditarik suatu kesimpulan yang berkenaan
dengan kinerja dari situs. Secara keseluruhan kinerja situs sudah dapat
dikatakan telah memberikan kinerja yang
diharapkan dan mempunyai fungsi
sesuai yang diharapkan.
Indikator kualitas, kompatibilitas, serta penyajian materi memberikan kinerja
yang baik, tetapi dengan catatan pada indikator kualitas tampilan dan interaksi
pemakai. Indikator kualitas dan kompatibilitas serta penyajian materi menunjukan kinerja yang memuaskan. Hal
tersebut dapat dilihat dengan kecenderungan responden berpendapat baik pada
beberapa variabel di dalam indikator kualitas dan kompatibilitas serta berpendapat
baik pada hampir semua variabel di dalam indikator penyajian Sedangkan
pada indicator kualitas tampilan dan interaksi pemakai, situs
menunjukkan kinerja yang biasa saja, dengan sebagian besar responden memilih untuk
berpendapat netral pada hamper semua
variabel yang terdapat pada
kedua indikator tersebut. Dengan hasil tersebut dapat
diasumsikan bahwa mahasiswa membutuhkan suatu situs pembelajaran berbasis web
dengan tampilan dan interaksi pemakai yang lebih baik.
Sumber : http://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/268/94






Tidak ada komentar:
Posting Komentar