Senin, 11 April 2016

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN








PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN

Pembelajaran elektronik berbasis web ini dibuat dengan ide untuk memberikan siswa suatu mekanisme pembelajaran elektronik, di mana siswa dapat mempelajari suatu mata kuliah sesuai dengan kemampuannya sendiri dengan menggunakan berbagai macam media, tulisan, audio, ataupun video. Situs pembelajaran elektronik ini  juga  dibuat  untuk  mempermudah proses pemahaman mata kuliah, sehingga membantu meringankan beban pengajar dalam menyampaikan materi perkuliahan, namun bukan untuk menggantikan peran pengajar  dalam penyampaian materi.

METODE PENULISAN

Penelitian ini terdiri dari tiga tahap. Di mana langkah-langkah penelitian mengacu pada siklus penelitian dan pengembangan Borg dan Gall [5], dengan uraian penjelasan yang telah disesuaikan dengan tujuan  penelitian, seperti yang digambarkan pada tabel I.
 Pengembangan web tidak mempunyai suatu metodologi khusus dalam prakteknya, biasanya suatu pengembangan web lazimnya mengikuti metodologi pengembangan perangkat lunak yang sudah  ada  sebelumnya.  Proses  pengembangan yang umum digunakan untuk mengembangkan suatu web biasanya bertolak dari proses pengembangan perangkat lunak konvensional atau biasa dikenal dengan siklus hidup perangkat lunak (SWDLC) yang mempunyai berbagai macam model   pengembangan   yang   dapat  diterapkan sesuai  perangkat   akan dikembangkan.

KESIMPULAN

            Dari hasil analisa deskriptif yang telah dilakukan pada data yang diperoleh dari kuesioner, dapat ditarik suatu kesimpulan yang berkenaan dengan kinerja dari situs. Secara keseluruhan kinerja situs sudah dapat dikatakan telah  memberikan kinerja  yang  diharapkan dan mempunyai fungsi   sesuai yang   diharapkan. Indikator kualitas, kompatibilitas, serta penyajian materi memberikan kinerja yang baik, tetapi dengan catatan pada indikator kualitas tampilan dan interaksi pemakai. Indikator kualitas dan kompatibilitas serta penyajian  materi menunjukan kinerja yang memuaskan. Hal tersebut dapat dilihat dengan kecenderungan responden berpendapat baik pada beberapa variabel di dalam indikator kualitas dan kompatibilitas serta berpendapat baik pada hampir semua variabel di dalam indikator penyajian  Sedangkan  pada indicator kualitas tampilan dan interaksi pemakai, situs menunjukkan kinerja yang biasa saja, dengan sebagian besar responden memilih untuk berpendapat netral  pada  hamper semua  variabel yang  terdapat  pada  kedua  indikator  tersebut. Dengan hasil tersebut dapat diasumsikan bahwa mahasiswa membutuhkan suatu situs pembelajaran berbasis web dengan tampilan dan interaksi pemakai yang lebih baik.

Sumber : http://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/268/94



Tidak ada komentar:

Posting Komentar